Wednesday, July 3, 2013

FILM DISCUSSION: BATAS








Sutradara:
Rudi Soedjarwo


Pemeran:
Marcella Zalianty
Arifin Putra
Marcell Domits
Piet Pagau
Jajang C. Noer
Ardina Rasti


Pada hari kedua, para peserta Leadership Training LPDP Angkatan 2 nonton bareng film “Batas” di Blitz Megaplex Pacific Place, Jakarta. Film yang dibintangi sekaligus diproduseri
oleh Marcella Zalianty ini  menceritakan pengalaman Jaleswari, seorang wanita dari Jakarta yang memutuskan untuk pergi ke daerah perbatasan di Kalimantan Barat dengan tujuan menginvestigasi kegagalan program CSR edukasi perusahaan.
Seiring berjalannya cerita, Jaleswarii, yang sebelumnya kehilangan tujuan hidup sejak kepergian kekasihnya, menemukan passion baru lewat interaksinya bersama para penduduk Dayak lokal serta polisi perbatasan  ganteng (Arifin Putra). Konflik terjadi saat seorang pedagang lokal yang diam-diam  juga menjalankan bisnis illegal perdagangan manusia mulai merasa terancam dengan keberadaan Jales di kampung tersebut.  

Dalam diskusi film para peserta Leadershi Training LPDP bersama Marcella dan Piet Pagau (pemeran kepala suku) disebutkan bahwa selain untuk tujuan komersial, film besutan Rudi Soedjarwo ini juga dibuat dengan tujuan edukasi dan meningkatkan rasa nasionalisme.  Isu-isu yang diangkat dalam film ini didasarkan pada fakta-fakta yang diungkap dalam film dokumenter “Tapal Batas”, yang juga diproduseri oleh Marcella, mengenai permasalahan nyata yang terjadi di daerah-daerah perbatasan Indonesia.



No comments:

Post a Comment