Thursday, July 4, 2013

Wawasan Kebangsaan



Day3  - Setelah sedikit olahraga (?) dan sarapan, para peserta Leadership Training LPDP angkatan 2 memulai hari ketiga dengan pembahasan mengenai Pengantar Nilai-Nilai Kebangsaan Indonesia yang dibawakan oleh Mayjen TNI (Purn) E. Imam Maksudi yang merupakan Tenaga Profesional Lemhanas RI. Mula-mula dijelaskan oleh beliau bahwa bangsa Indonesia terbentuk dari berbagai suku bangsa yang majemuk, terpisah, serta memiliki pengalaman sejarah sebagai kerajaan-kerajaan yang berbeda-beda. Untuk mempersatukan berbagai suku bangsa tersebut, diperlukan suatu kesepakatan bersama yang disebut juga dengan istilah konsensus dasar nasional, yang dalam konteks ini terdiri dari:
  1. Pancasila, yang merupakan falsafah hidup Bangsa Indonesia
  2. UUD 1945, yang merupakan visi Bangsa Indonesia
  3. Bentuk Negara NKRI, yang merupakan pilihan ruang hidup bersama
  4. Semboyan Bhinekka Tunggal Ika, yang merupakan ajaran hakekat hidup manusia sebagai sesama ciptaan Tuhan YME untuk menghargai perbedaan serta membentuk masyarakat yang rukun.
Selain itu, pak Imam juga mengingatkan bahwa dikotomi mayoritas-minoritas yang kini masih saja eksis di bumi pertiwi ini sebenarnya berasal dari strategi pemerintahan kolonial terdahulu untuk melemahkan bangsa.

Bila memang demikian, kita sepatutnya berbangga bahwa para pemuda dan founding fathers bangsa ini berhasil membaca strategi tersebut dan pada akhirnya bersama-sama seluruh elemen bangsa meruntuhkan kekuasaan kolonial di jaman itu.  Sungguh amat disayangkan apabila para generasi muda di zaman ini justru kembali menganut pandangan-pandangan yang hendak ditanamkan para musuh terdahulu bangsa kita....


1 comment:

  1. Selamat malam mas andika.....
    aku atta, mau nanya2 terkait LPDP.....
    ini email aq atta.andharesta@yahoo.com terimakasih..............

    ReplyDelete